Materi : Eksponen
Kelas/Semester : X SMA/ I(satu)
A.Standar
Kompetensi
-Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk
pangkat, akar, dan logaritma.
B.
Kompetensi Dasar
- Menggunakan
aturan pangkat.
C.
Indikator Pembelajaran
·
Memahami konsep mengenai eksponen
(bilangan berpangkat).
·
Mengetahui macam-macam bilangan
berpangkat.
·
Menentukan sifat-sifat operasi eksponen dan
mengoperasikannya
D.Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa dapat Memahami konsep mengenai
eksponen (bilangan berpangkat).
·
Siswa dapat Mengetahui macam-macam
bilangan berpangkat.
·
Siswa dapat Menentukan sifat-sifat operasi eksponen dan
mengoperasikannya
E.
Metode Pembelajaran
·
Kooperatif menggunakan internet.
F.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Diawal pembelajaran
guru memotivasi peserta didik dengan
memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
b. Peserta didik
diberikan video pembelajaran oleh guru. Video tersebut menjelaskan materi
eksponen dan sifat-sifat eksponen. Berikut cuplikan dari video tersebut atau
klik disini!
c. Setelah melihat
video pembelajaran tersebut, adapun kegiatan guru dan siswa lakukan seperti
berikut:
No.
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
1.
2.
3.
|
Guru
bertanya kepada peserta didik mengenai apa itu eksponen.
Guru
menyuruh salah satu peserta didik menyebutkan macam-macam bilangan berpangkat.
Guru
memberikan satu contoh untuk mengetahui pemahaman siswa.
|
Peserta
didik berusaha menjelaskan makna dari eksponen tersebut.
Peserta
didik mengacungkan tangan dan menjawabnya sesuai penjelasan dari video.
Peserta
didik mulai berpikir dan mulai menjawabnya.
|
d. Untuk melanjutkan
materi, guru memberikan video lanjutan kembali pada peserta didik mengenai
sifat-sifat bilangan berpangkat. Berikut cuplikan video pembelajarannya atau
klik disini!
e. Setelah melihat
tayangan video diatas, guru dan peserta didik melakukan kegiatan berikut:
No.
|
Kegiatan guru
|
Kegiatan siswa
|
1.
2.
3.
|
Guru
menyuruh peserta didik berdiskusi selama 5 menit untuk menjelaskan kembali
isi dari tayangan video tersebut.
Guru
meminta salah satu peserta didik untuk menjelaskan apa yang telah
didiskusikan tadi.
Guru
meluruskan penjelasan dari dari video
tersebut yaitu tentang sifat-sifat operasi eksponen dan mengoperasikannya
|
Peserta
didik mulai mendiskusikan dengan teman sebangku.
Salah
satu dari peserta didik menjelaskan isi dari video yang telah disampaikan.
peserta didik mendengarkan dan memahami
dengan baik.
|
f. Setelah mempelajari
materi bilangan berpangkat (eksponen), peserta didik dapat bermain berbagai
kuis online. Berikut ini adalah daftar situs yang dapat memperkaya pemahaman peserta
didik mengenai bilangan berpangkat
(eksponen).
g. Guru menentukan
alamat situs kuis matematika misalnya no. 4. Berikut kegiatan guru dan siswa
saat bermain kuis matematika.
No.
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
1.
2.
3.
|
Guru
membimbing peserta didik menemukan alamat situs tersebut.
Guru meminta seluruh peserta didik untuk memulai
mengerjakan kuis matematika.
Guru
menyuruh peserta didik menunjukkan hasil dari mengerjakan kuis tersebut.
|
Peserta
didik mulai menyiapkan diri untuk memulai bermain kuis matematika.
Peserta
didik mulai mengerjakan kuis matematika.
Peserta
didik mencatat hasil atau score yang didapat dan menyerahkannya pada guru.
|
h. Buku atau sumber
belajar matematika, khususnya bilangan berpangkat (eksponen) dapat didownload dari situs dibawah ini:
1.Download ppt klik disini!
2.Download pdf klik disini!
3.Download buku bse klik disini atau disini juga bisa
0 komentar:
Posting Komentar