Eksponen

Materi ringkas eksponen – matematika sma

Assalamualaikum wr. wb.


Nah, kali ini kita akan belajar mengenai eksponen, sudah pernah denger kan tentunya. Oke langsung saja kita bahas. Eksponen adalah bilangan perpangkatan. Banyak sekali bentuk umumnya, yakni sebagai berikut.

A. Rumus dasar

B. Persamaan
C. Pertidaksamaan






Nah, setelah kita tahu rumusa dan bentuk dasar dari eksponen diatas, dapat disimpulkan bahwa sifatnya hampir mendekati penghitungan biasa, yang diperhatikan adalah tanda operasi aljabar dan pangkatnya. Untuk fungsi eksponen juga hampir sama, baik persamaan maupun pertidaksamaan sudah ada syaratnya.

Itulah materi ringkas eksponen matematika sma yang sudah saya bahas. Semoga bermanfaat bagi sobat, biar sedikit tapi akan bermanfaat jika diamalkan. Oke temen-temen, udah dulu ya saya mau ngerjakan tugas web lesson dulu. Jika ada yang masih kurang paham bisa tanya lewat komentar, see U in the next lesson!

Wassalamu’alaikum wr. Wb.



Video Pembelajaran Faktor Persekutuan

Assalamualaikum, teman-teman.......^_^
Baiklah untuk Kali ini saya memposting contoh pembelajaran yang berbentuk video. Didalam video ini mempelajari Kelipatan Persekutuan. Pembelajaran yang digunakan dalam video ini menggunakan pendekatan PMRI. Pendekatan PMRI adalah salah satu pendekatan yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika. Untuk melihat keterangan tentang PMRI silakan lihat disini.
Kembali kepada materi, sebagai pengenalan awal akan diberikan pengertian kelipatan  persekutuan. Kelipatan persekutuan   adalah kelipatan yang sama dari bilangan-bilangan tersebut. Kelipatan persekutuan merupakan kelipatan beberapa bilangan.
Contoh :
Perhatikan kelipatan 2 dan 3 berikut.
Kelipatan 2 adalah 2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, 16, 18, 20, 22, 24, ….
Untuk lebih memahami silakan lihat video dibawah ini !


Untuk melanjutkan materi sebelumnya silakan lihat video dibawah ini!

Takut Sama Matematika??? say no,,,,,,,,,,,,,,!

Minimalisasi Ketakutan siswa terhadap pelajaran Matematika.....

simakk yuukkkkkkkkk.....^_^

Selama ini, mata pelajaran (mapel) matematika dianggap sulit dan menakutkan. Apabila seseorang ditanya tentang mata pelajaran yang disukai di sekolah, maka sangat sedikit yang menunjuk matematika. Sementara jika ditanya tanggapannya tentang matematika, tidak sedikit pula yang menyebutkannya sebagai mapel yang tidak menarik. Pendapat ini mungkin sudah sangat akrab didengar, namun langkah–langkah konkrit untuk meluruskan tanggapan tersebut sangat jarang ditempuh. Bahkan mungkin hanya menjadi sebuah teori dedaktik metodik belaka. Bila dianggap matematika merupakan mata pelajaran yang menakutkan, maka sudah selayaknya komponen–komponen di dalamnya seperti aritmetika, logika matematika, aljabar, geometri, trigonometri, kalkulus, dan materi aplikasi lainnya juga berpredikat sama. Berarti komponen–komponen tersebutlah yang selama ini menjadi satu kesatuan yang membebani matematika untuk memiliki predikat menakutkan pula. Padahal karakteristik masing–masing komponen di atas sangatlah berlainan, meskipun esensinya serupa. Pilih saja aritmatika dan aljabar sebagai subyek pendukung matematika. Bentuk yang paling sederhana dalam mempelajari aritmetika adalah berhitung. Dengan bahasa umumnya aljabar sebagai dasar teorinya. Demikian pula geometri dengan benda–benda ideal yang cukup menarik di dalamnya. Sementara trigonometri menjadi bahasa dalam perhitungannya. Sedangkan kalkulus dan materi aplikasi lainnya misalkan statistika, peluang dan bahasa pemrograman komputer sudah cukup menyeberang ke arah mata pelajaran lain yang mungkin tidak seheboh predikat matematika.

Cara Mudah Belajar Matematika^^


          Matematika memang menjadi momok selama ini.Matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit, rumit, dan penuh aneka macam rumus yang bisa membuat kepala menjadi botak,,Hee Lebay dikit gpp kan??. Tapi Tidak ada salahnya kita belajar Matematika. " Setiap orang tak harus Pandai Matematika, kalo semua orang pandai matematika mana mungkin ada kuli bangunan??? " hhe :v Berikut cara cepat belajar matematika :
 1. Luruskan Niat Dalam belajar, hal pertama yang mesti dilakuin adalah " Luruskan Niat" . Maksudnya begini pertama kalian harus tahu tujuan kalian belajar itu untuk apa dlu, janganlah belajar hanya untuk mendapatkan nilai bagus dalam mengikuti ujian matematika.Nilai bagus bisa didapatkan dengan mudah, nyontek teman misalnya, atau bikin kepekan.Ohh tidak banget dech.. jangan dilakuin ya teman-teman!! Maka dari itu niatkan belajar matematika untuk menambah pengetahuan kita. Dengan belajar matematika, secara tidak tidak langsung otak kita akan terasah dalam mengerjakan materi peljaran yang lain. Sekali lagi ingat yang terpenting itu PROSES bukan HASIL.

Sejarah Matematika



1.FILSAFAT

Kata falsafah atau filsafat dalam bahasa Indonesia merupakan kata serapan dari bahasa Arab فلسفة, yang juga diambil dari bahasa Yunani; Φιλοσοφία philosophia.Dalam bahasa ini, kata ini merupakan kata majemuk dan berasal dari kata-kata (philia= persahabatan, cinta dsb.) dan (sophia = "kebijaksanaan").Sehingga arti harafiahnya adalah seorang “pencinta kebijaksanaan”. Kata filosofi yang dipungut dari bahasa Belanda juga dikenal di Indonesia.Bentuk terakhir ini lebih mirip dengan aslinya. Dalam bahasa Indonesiaseseorang yang mendalami bidang falsafah disebut "filsuf".

Jadi, filsafat adalah pandangan hidup seseorang atau sekelompok orang yang merupakan konsep dasar mcngenaikehidupan yang dicita-citakan. Filsafat juga diartikan sebagai suatu sikapseseorang yang sadar dan dewasa dalam memikirkan segala sesuatu secara mendalamdan ingin melihat dari segi yang luas dan menyeluruh dengan segala hubungan.

Salah satu tujuan dari filsafatadalah menemukan pemahaman dan tindakan yang sesuai. filsafat erat kaitannyadengan ilmu. karena bagaimana pun, tujuan dipelajari ilmu adalah untuk dapatdipahami kemudian direalisasikan ke dalam kehidupan yang nyata. tanpapemahaman, ilmu tidak akan mungkin dapat dikuasai.

1. 1   Filsafat Matematika

Filsafat matematika adalahsegenap pemikiran reflektif terhadap persoalan-persoalan mengenai segala halyang menyangkut landasan matematika serta hubungan matematika dengan segalasegi dari kehidupan manusia. Landasan itu mencakup berbagai konsep pamgkal,anggapan dasar, asa permulaan, struktur teoritis, dan ukuran kebenaran.
Sampai sekarang para filsuf dan ahli matematika masih mencoba merumuskan apasesungguhnya matematika itu. Banyak definisi matematika telah dikemukakan,namun banyak pula sanggahannya.

Sejarah Teori Bilangan


Gambaran sejarah purbakala dari Matematika
               Pada mulanya di zaman purbakala banyak bangsa-bangsa yang bermukim sepanjang sungai-sungai besar. Bangsa Mesir sepanjang sungai Nil di Afrika, bangsa Babilonia sepanjang sungai Tigris dan Eufrat, bangsa Hindu sepanjang sungai Indus dan Gangga, bangsa Cina sepanjang sungai Huang Ho dan Yang Tze. Bangsa-bangsa itu memerlukan keterampilan untuk mengendalikan banjir, mengeringkan rawa-rawa, membuat irigasi untuk mengolah tanah sepanjang sungai menjadi daerah pertanian untuk itu diperlukan pengetahuan praktis, yaitu pengetahuan teknik dan matematika bersama-sama.
               Sejarah menunjukkan bahwa permulaan Matematika berasal dari bangsa yang bermukim sepanjang aliran sungai tersebut. Mereka memerlukan perhitungan, penanggalan yang bisa dipakai sesuai dengan perubahan musim. Diperlukan alat-alat pengukur untuk mengukur persil-persil tanah yang dimiliki. Peningkatan peradaban memerlukan cara menilai kegiatan perdagangan, keuangan dan pemungutan pajak. Untuk keperluan praktis itu diperlukan bilangan-bilangan.

Bahasa Matematika


Mau Tw Bahasa Matematika????????

.................cekidot,,,!!!^_^
Bahasa merupakan suatu sistem yang terdiri dari lambang-lambang, kata-kata, dan kalimat-kalimat yang disusun menurut aturan tertentu dan digunakan sekelompok orang untuk berkomunikasi. Dalam tulisannya, Mudjia Rahardjo mengatakan: "Di mana ada manusia, di sana ada bahasa". Keduanya tidak dapat dipisahkan. Bahasa tumbuh dan berkembang karena manusia. Manusia berkembang juga karena bahasa. Keduanya menyatu dalam segala aktivitas kehidupan. Hubungan manusia dan bahasa meruapakan dua hal yang tidak dapat dinafikan salah satunya. Bahasa pula yang membedakan manusia dengan makhluk ciptaan Tuhan yang lain.
Dilihat dari segi fungsinya, bahasa memiliki dua fungsi yaitu: pertama, sebagai alat untuk menyatakan ide, pikiran, gagasan atau perasaan; dan kedua, sebagai alat untuk melakukan komunikasi dalam berinteraksi dengan orang lain. Berdasarkan dua fungsi tersebut, adalah sesuatu yang mustahil dilakukan jika manusia dalam berinteraksi dan berkomunikasi tanpa melibatkan peranan bahasa. Komunikasi pada hakekatnya merupakan proses penyampaian pesan dari pengirim kepada penerima. Hubungan komunikasi dan interaksi antara si pengirim dan si penerima, dibangun berdasarkan penyusunan kode atau simbol bahasa oleh pengirim dan pembongkaran ide atau simbol bahasa oleh penerima.
Diberdayakan oleh Blogger.